Desa Cipicung Timur Penghasil Anyaman Bambu Terbaik di Kabupaten Lebak

Real Media Kita/Realweb.id Kabupaten Lebak Banten dikenal sebagai Penghasil Kerajinan Bambu terbaik, ditel pembuatan kerajinan bambu asli dari kabupaten lebak memiliki cirihas Tersendiri, Setiap kampung memiliki cirikha sendiri.

Kabupaten Lebak Banten memang sudah lama dikenal sebagai penghasil anyaman bambu terbaik, di kampung Cipicung Timur tim dari Real Media kita mencoba Mendatangi warga-warga yang memeng bekerja keseharainnya membuat anyaman bambu. 

Adapun anyaman bambu yang di hasilkan diantaranya Bakul, Tampah, Seser, dan hasepan (pembuat tumpeng). Setiap hari para pekerja yang di dominasi para ibu berbagi tugas untuk menganyam bambu.

"Ibu bagian ngahua " Kata seorang ibu sembari meraut bilah bambu dengan pisau tajam.

sementara yang lain sedang menali bagian bambu dengan tali, ada juga yang sedang sibuk menganyam.

"kalo di kabupaten lebak kususnya di Desa Cipicung timur banyak pengrajin anyaman bambu, kalo ibu-ibu di sini lebih fokus ke anyaman tamah atau nyiru kalo kata orang sunda" terang jarti sembari sibuk menganyam dengan jemarinya yang terlihat sangat cekatan. 

"Kalo didaerah yang lain ada juga sair(seser) ada bakul, dan hasepan (Untuk memasak tumpeng)"

Sedangkan untuk harga jual biasanya ada pengepul atau terkadang dibawa kepasar untuk dijual langsung kepada calon pembeli. 

 " Kalo untuk penjualan, kadang ada pengepul dari luar kota atau kadang juga di bawa ke pasar untuk dijual kekonsumen langsung, untuk harga grosir perkodi 300.000 berarti bisa terhitung satunya 15.000 rupiah" tutur jarti 

untuk jenis bambu yang digunakan adalah bambu apus, yang sebenarnya untuk mendapatkan bambu tersebut para pengrajin harus membeli per batang ukuran satu meter dengan harga tigaribu rupiah. 

"Untuk jenis babunya itu bambu apus, dan sekarang bambu ini untuk di cipicung sendiri sudah sulit di jumai, kami membeli dari penjual bambu dengan harga tiga ribu rupiah untuk bahan anyamannya" sambug Mila.

Menjadi penggerak UMKM anyaman seperti para ibu di kabupaten Lebak Banten Kususnya di Cipicung timur ini  tidaklah mudah, bekerja sepenuh hati membuat anyaman dengan harga yang tidak begtu mahal. 


Mari kita dukung pengrajin anyaman bambu dengan cara melestariakan dan membeli dan menghargai proses pembuatanya.

demikian ulasan dari Real Media Kita semoga bermanfaat.


 

Komentar